Text
Perspektif Manajemen Pengetahuan, Informasi, Komunikasi, Pendidikan dan Perpustakaan
Secara Keilmuan, manajemen pengetahuan merupakan topik yang menarik untuk dikaji, terutama jika sudah dilihat dari aspek praktisnya dan implementasinya di berbagai organisasi dan atau lembaga perusahaan yang menundukkan pengetahuan sebagai faktor dominan untuk pengembangan organisasi dan anggota-anggotanya. Di kelembagaan pendidikan, terutama ditingkat pendidikan tinggi, misalnya, langsung maupun tidak langsung, aspek praktik manajemen pengetahuan terlibat didalamnya. Kegiatan pembelajaran terprogram, diskusi terstruktur, sharing informasi terjadwal, dan kegiatan pembelajaran lainnya yang terjadwal di dalam kelas dan di luar kelas, adalah contohnya. Praktik-praktik manajemen pengetahuan di lingkungan pendidikan tinggi tampak jelas dalam bentuk pembelajaran di hampir setiap ruang kelas dan ruang-ruang akademik lainnya seperti di laboratorium, di perpustakaan, di bengkel kerja, dan di pusat sumber belajar bersama. Di ranah manajerial pun tampak lebih mengedepankan diskusi, rapat, presentasi, focus group discussion, da brain storming dalam rangka pengambilan suatu keputusan organisasi.
Akhirnya konsep manajemen pengetahuan dalam taraf tertentu sama dengan kosep manajemen informasi yang di kembangkan oleh kajian ilmu informasi dan perpustakaan.
B2012-139-1 | 658.403.8 PAW p | Tersedia | |
B2012-139-2 | 658.403.8 PAW p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain